tugas softskill pertemuan ke 3

softskill

1.      Jelaskan perbedaan antara bisnis dan perusahaan!
 Perusahaan adalah wahana atau tempat berlangsungnya bisnis, perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya kegiatan bisnis.
Perusahaan memiliki peranan penting untuk melakukan suatu kegiatan mencari laba (bisnis), dalam hal ini perusahaan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis karena dua hal tersebut saling berkait.

2.      Apa yang dimaksud dengan franchise atau franchising?
franchising adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari cirri khas usaha  yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

3.      Jelaskan mengenai perusahaan perseorangan, firma, CV, PT, BUMN dan koperasi,
       jelaskan masing-masing perbedaan!
             Perusahaan perseorangan : perusahaan yang di kelola secara perorangan serta memiliki      tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan perusahaan dan modalnya berasal dari milik sendiri.
Firma adalah suatu persekutuan antara dua orang atau lebih yang menjalankan badan usaha dengan nama bersama dengan tujuan untuk membagi hasil yang diperoleh dari persekutuan tersebut.

Perseroan Comanditer (cv) adalah suatu persekutuan terdiri atas beberapa orang yang menjalankan usaha dan beberapa orang yang hanya menyerahkan modal.

Perseroan Terbatas (PT) adalah kumpulan orang yang di beri hak dan di akui oleh hukum untuk mencapai tujuan tertentu. Modal perseroan terbatas terdiri atas saham-saham yang juga berfungsi sebagai tanda pemilihan perusahaan.

BUMN adalah perusahaan milik negara merujuk kepada perusahaan atau badan usaha yang dimiliki pemerintah sebuah negara.

Koperasi adalah Badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

4.      Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

5.      Sebutkan tujuh variabel pemasaran (marketing mix)!
            a.     Product (produk)
b .     Price (harga)
            c.      Promotion (promosi)
d.      Place (saluran distribusi)
            e.    People (partisipan)
f.       Process (proses)
            g.   Physical evidence (lingkungan fisik)

6.      Jelaskan mengenai manajemen produksi!
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran daam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan.

7.      Jelaskan perbedaan antara manajemen pemasaran dan manajemen produksi!
Manajemen pemasaran : suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi (M. fuad, dkk.2000)
Manajemen produksi : suatu kegiatan yang menciptakan atau meningkatkan kegunaan suatu barang, peningkatan atau penambahan kegunaan suatu barang bisa melalui kegunaan tempat, kegunaan waktu, kegunaan bentuk atau gabungan dari beberapa kegunaan tersebut.

8.      Jelaskan hakikat bisnis internasional!
Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis Internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (internasional trade) ada juga yang menyebutnya sebagai pemasaran Internasional atau Internasional Marketing.

9.      Jelaskan alasan melakukan bisnis internasional!
Karena sebenarnya tidak ada satu Negara pun didunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Tidak ada suatu Negara pun yang dapat memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam, modal maupun sumber daya manusia.

10.  Gambarkan konsep sistem pemasaran!

sumber: 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subject, Verb, Complement & Modifier

Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis

elemen-elemen koperasi