tugas softskill pertemuan ke 3
softskill
1.
Jelaskan
perbedaan antara bisnis dan perusahaan!
Perusahaan adalah wahana atau tempat
berlangsungnya bisnis, perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya kegiatan
bisnis.
Perusahaan memiliki peranan penting untuk melakukan suatu kegiatan mencari laba (bisnis), dalam hal ini perusahaan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis karena dua hal tersebut saling berkait.
Perusahaan memiliki peranan penting untuk melakukan suatu kegiatan mencari laba (bisnis), dalam hal ini perusahaan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis karena dua hal tersebut saling berkait.
2.
Apa yang dimaksud dengan franchise atau franchising?
franchising adalah hak-hak untuk
menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi
pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana
salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari
kekayaan intelektual atau pertemuan dari cirri khas usaha yang dimiliki pihak
lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak
lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
3.
Jelaskan mengenai perusahaan perseorangan, firma, CV,
PT, BUMN dan koperasi,
jelaskan masing-masing perbedaan!
Perusahaan perseorangan : perusahaan yang di kelola secara perorangan serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan perusahaan dan modalnya berasal dari milik sendiri.
Perusahaan perseorangan : perusahaan yang di kelola secara perorangan serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan perusahaan dan modalnya berasal dari milik sendiri.
Firma adalah
suatu persekutuan antara dua orang atau lebih yang menjalankan badan usaha
dengan nama bersama dengan tujuan untuk membagi hasil yang diperoleh dari
persekutuan tersebut.
Perseroan
Comanditer (cv) adalah suatu persekutuan terdiri atas beberapa orang yang
menjalankan usaha dan beberapa orang yang hanya menyerahkan modal.
Perseroan
Terbatas (PT) adalah kumpulan orang yang di beri hak dan di akui oleh hukum untuk
mencapai tujuan tertentu. Modal perseroan terbatas terdiri atas saham-saham
yang juga berfungsi sebagai tanda pemilihan perusahaan.
BUMN adalah perusahaan milik negara merujuk kepada
perusahaan atau badan usaha yang dimiliki pemerintah sebuah negara.
Koperasi
adalah Badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
4. Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu
dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya
untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.
5. Sebutkan tujuh variabel pemasaran
(marketing mix)!
a. Product (produk)
b . Price (harga)
c. Promotion (promosi)
d. Place (saluran distribusi)
e. People
(partisipan)
f. Process (proses)
g. Physical evidence (lingkungan fisik)
6. Jelaskan mengenai manajemen
produksi!
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari
bidang manajemen yang mempunyai peran daam mengoordinasikan berbagai kegiatan
untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat
keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan
agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan.
7. Jelaskan perbedaan antara manajemen pemasaran dan
manajemen produksi!
Manajemen pemasaran : suatu
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi (M. fuad,
dkk.2000)
Manajemen produksi : suatu kegiatan
yang menciptakan atau meningkatkan kegunaan suatu barang, peningkatan atau
penambahan kegunaan suatu barang bisa melalui kegunaan tempat, kegunaan waktu,
kegunaan bentuk atau gabungan dari beberapa kegunaan tersebut.
8. Jelaskan hakikat bisnis
internasional!
Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang
dilakukan melewati batas-batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini
merupakan transaksi bisnis Internasional yang sering disebut sebagai Bisnis
Internasional (internasional trade) ada juga yang menyebutnya sebagai pemasaran
Internasional atau Internasional Marketing.
9. Jelaskan alasan melakukan bisnis
internasional!
Karena sebenarnya tidak ada satu Negara pun didunia
yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk
yang dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Tidak ada suatu Negara pun yang dapat
memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyebaran yang
tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam, modal maupun sumber
daya manusia.
10. Gambarkan konsep sistem pemasaran!
sumber:
http://robithotusslmah.blogspot.com/
http://assharrefdino.blogspot.com/2013/11/pengertian-perusahaan-perorangan.html
http://assharrefdino.blogspot.com/2013/11/pengertian-perusahaan-perorangan.html
Komentar
Posting Komentar