PENYUSUNAN SINTESIS

Halo rekan-rekan bertemu kembali di blog saya "semoga bisa membuat anda tersenyum" pada pertemuan kali ini saya akan membahas tugas mata kuliah bahasa Indonesia saya tentang Penyusunan Sintesis.

Pengertian

Sintesis (berasal dari bahasa Yunani syn= tambah dan thesis = posisi) yaitu berarti suatu integritas dari dua atau lebih elemen yang menghasilkan suatu hasil baru. Dalam dialektika  sintesis adalah hasil akhir dari percobaan untuk menggabungkan antara thesis dan antithesis.
  • Tesis merupakan kesimpulan atas sebuah hasil riset ilmiah yang didasari atas bukti-bukti dan pemikiran logis
  • Antithesis adalah hasil sebuah riset ilmiah yang menggambarkan keterbaikan atau sangkalan atas tesis yang ada sebelumnya dengan maksud meluruhkan tesis itu.
  • Sintesis merupakan jawaban atau kesimpulan atas pertentangan yang dibuat antara tesis dan antitesis sehingga menjadi satu hal utuh yang merupakan hasil ilmiah yang baru.
setelah penjelasan singkat tentang sintesis diatas saya akan melampirkan sebuah contoh penyusunan sintesis.
Contoh :

Tesis 

Balada anak kostan sudah kita ketahui dari dulu tidak lepas dari satu hal yang namanya menghemat, biasanya anak kostan menghemat dikarenakan ada tujuan tertentu misalnya ingin membeli barang yang diinginkan, atau ingin makan enak atau bahkan hanya untuk jalan-jalan dengan teman-temanya nanti, dengan cara menyisihkan uang jatah bulanan atau uang makan. Cara anak kostan menghemat uang bulanan ada berbagai macam misalnya dengan makan dalam sehari hanya dua kali atau makan tiga kali sehari dengan mencari makanan dengan budget yang rendah atau masak sendiri di kostan karena dengan masak sendiri biaya akan sedikit lebih hemat atau bahkan dengan hanya mengkonsumsi mie instan.

Antithesis

Jika kebanyakan anak kostan bisa menghemat dengan cara seperti yang telah dijelaskan diatas namun tidak semuanya anak kostan seperti itu, karena masih ada anak kostan yang masih bisa makan enak tanpa harus menghemat, ingin membeli barang keinginanya tanpa harus menghemat, jalan-jalan dengan teman-temanya tanpa harus menghemat. pada dasarnya ada faktor lain yang membuat anak kostan perlu menghemat atau tidak misalanya salah satu faktornya adalah financial orang tua, anak kostan yang dan mengerti kondisi financial orang tuanya akan lebih prihatin atas ini, berbeda dengan financial orang tuanya yang bisa dikatakan diatas rata-rata mereka justru akan tenang.

Sintesis

Tidak semua anak kostan melakukan penghematan karena menghemat dilakukan oleh kebanyakan anak kostan yang mengerti akan financial orang tuanya dan tidak ingin membebankan orang tuanya, berbeda dengan anak kostan yang diberikan kelebihan financial sehingga tidak perlu menghemat untuk tujuan tertentu.

Demikian penjelasan singkat tentang penyusunan sintesis, bila ada kesalahan atau kurang jelas mohon di koreksi, jangan lupa komen yah !

Refrensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subject, Verb, Complement & Modifier

Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis

elemen-elemen koperasi