Andai aku menjadi menteri koperasi

Andai aku menjadi menteri koperasi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang menteri koperasi saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu koperasi.
 Apa itu koperasi? Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Jadi koperasi bisa dikatakan sebagai wadah bagi masyarakat untuk berorganisasi juga berwirausaha guna mencapai kepentingan bersama-sama. Koperasi juga mempunyai nilai diantaranya adalah nilai kekeluargaan, kebersamaan, demokrasi dan banyak lagi nilai, keuntungan, manfaat koperasi.
 Tujuan utama Koperasi Indonesia adalah mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota.
Demikian penjelasan singkat tentang koperasi yang telah saya utarakan diatas. Kemudian saya akan membahas pokok utama materi yang akan saya bahas yaitu “Andai aku menjadi menteri koperasi”. Menjadi menteri merupakan tugas yang tidak mudah untuk dilaksanakan selain tanggung jawab besar yang harus dimiliki seorang menteri juga perlu bijak dan cermat dalam mengambil keputusan karena keputusan tersebut mempunyai pengaruh besar bagi masyarakat.
Begitupun seorang menteri koperasi walaupun tugasnya hanya mengurusi koperasi dan UKM dia harus tetap bisa mengurus masasalah ini dalam lingkup nasional, berat juga kan?
Ini akan menjadi tugas yang cukup besar jika saya menjadi menteri koperasi, tapi saya mempunyai beberapa visi dan misi serta usaha-usaha yang saya lakukan ketika menjadi menteri koperasi. Antara lain sektor yang akan saya maksimalkan yaitu :
1.      UKM yang menyebar diseluruh indonesia
2.      Membuat organisasi atau tim yang solid
3.      Memfokuskan UKM ke masyarakat kecil
4.      Membuat koperasi menjadi sektor terbesar dan penting dalam perekonomian indonesia
5.      Membuat koperasi indonesia dikenal dunia karena sistem manajemennya
Tugas peratama yang akan saya lakukan jika saya menjadi menteri koperasi yaitu memaskimalkan UKM yang menyebar diseluruh indonesia, detailnya yaitu membuat koperasi ada disetiap wilayah diseluruh indonesia tanpa terkecuali sekalipun itu dari ujung sumatera sampai ujung papua, Terutama daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh sarana prasarana.memberikan modal kepada setiap wilayah dengan menggunakan dana APBN secara maksimal, dan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada masyarakat guna membentuk SDM yang berkualitas, serta memaksimal sumber daya alam yang ada di wilayah masing-masing.
Untuk melakukan itu semua saya membutuhkan tim yang solid atau organisasi, saya akan memiih anggota yang benar-benar jujur, amanah, bertanggung jawab, wawasan luas,rela peluh keringatnya demi kemajuan indonesia, saya akan membuat tim yang sesolid mungkin.
tujuan dari pengorganisasian ini adalah untuk mengelempokan kegiatan, sumber daya manusia dan sumber daya lainya yang dimiliki koperasi agar pelaksanaan dari satu rencana dapat dicapai secara efektif dan ekonomis.
Koperasi perlu menjadi sektor terpenting untuk indonesia mengingat koperasi adalah sub berjalanya ekonomi, dengan koperasi diharapkan berperan sangat penting untuk ekonomi karena nilai koperasi yang bersifat sukarela sehingga masyarakat dapat berkreasi dan berinovasi dalam beriwarausaha di koperasi.
Kemudian yang perlu saya maksimalkan adalah memfokuskan UKM ke masyarakat kecil, guna meningkatkan kesejahtaraan masyarakat kecil, sehingga angka kemiskinan di indonesia berkurang, dengan mengusahakan UKM untuk masyarakat kecil dampaknya dapat mengurangi pengangguran.
Andai saya menjadi menteri koperasi juga akan berusaha menjadikan koperasi dikenal dunia dengan manajemenya. Mengingat perekonomian kita dari tahun ke tahun menurun dan dengan tim yang solid saya akan membuat manajemen yang kreatif inovatif dan tentunya profesional.
Hal berikutnya yang saya lakukan lagi adalah saat ini koperasi belum tumbuh secara maksimal, di sekeliling kita masih jarang sekali ditemukannya koperasi. Saya akan mencoba menempatkan koperasi berada di tempat – tempat yang bisa dijangkau masyarakat, sehingga orang semakin mudah untuk menginvestasikan dan menyimpan uangnya di koperasi daripada di bank yang terlalu banyak biaya administrasinya yang cenderung merugikan pengguna dan hanya diiming-imingkan mendapat bunga padahal kalau dihitung hitung lebih besar biaya administrasinya dari pada bunganya.

Setelah itu, saya melakukan deregulasi yaitu penataan kembali koperasi dan UKM. Dimana saya akan melakukan perubahan dan penambahan beberapa kebijakan koperasi dan UKM. Saat ini saya akan mempermudah UKM dalam mendirikan usaha, baik dari segi modal maupun dari segi produk pemasaran. Kebijakan tersebut akan mengatur masyarakat agar mandiri dan mampu bersaing dengan unit usaha lain. Dan usaha itu harus menjual hasil karya mereka, berbeda untuk satu wilayah yang sama. Sehingga ini dapat melatih keterampilan tenaga kerja dan mampu membuat keunikan tersendiri dari usaha unit lain. Selain itu, UKM wajib memasarkan produk koperasi dan menjadi anggota koperasi.

Saya juga mempunyai beberapa aspek yang saya akan usahakan agar koperasi berjalan lebih baik.
1.      Memperbaiki pengelolaan koperasi
2.      Memeberikan perhatian dan pengawasan yang lebih
3.      Mengembangkan koperasi syariah
4.      Mengarahkan koperasi untuk dapat lebih mandiri
5.      Memberikan pemahaman koperasi sejak dini

Sekiranya demikian “andai aku menjadi menteri koperasi” diharapkan koperasi dapat berjalan lebih baik lagi sehingga dapat membantu perekonimian indonesia yang semakin kesini semakin melemah, koperasi juga diharapkan tidak berjalan mundur tapi berjalan ke depan untuk kemajuan indonesia.

Sekian dan terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subject, Verb, Complement & Modifier

Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis

elemen-elemen koperasi