POLA HIDUP SEHAT DAN OLAHRAGA



POLA HIDUP SEHAT DAN OLAHRAGA

Sejak kecil seringkali baik di rumah maupun di sekolah kita diajarkan dengan pola makan empat sehat lima sempurna. Memang untuk memperoleh badan yang sehat dibutuhkan pula pola makan yang sehat pula.
Untuk mengingat kembali pola makan empat sehat lima sempurna tidak ada salahnya kita ulas lagi pengertian empat sehat lima sempurna adalah sebagai berikut:
1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita sehingga tubuh mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

Sudah menjadi kodratnya apabila semua makhluk hidup memerlukan makanan. Apalagi manusia sebagai mahkluk yang paling sempurna tentunya membutuhkan makanan untuk mendapatkan sumber tenaga, mempertahankan ketahanan tubuh dalam menghadapi serangan penyakit dan untuk tumbuh kembang. Tentunya untuk bisa mewujudkan kegunaan makanan tersebut dengan baik tidak bisa sembarang makanan yang dimakan. Apalagi di zaman sekarang ini banyak penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang salah. Oleh karena itu tentunya kita harus mengetahui bagaimana pola makan sehat itu.
Untuk memperoleh pola makan yang sehat itu paling tidak ada 3 kriteria yang harus kita penuhi antara lain:
1. Jumlah makanan yang kita konsumsi
Kita harus menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan jumlah energi yang kita keluarkan. Apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari energi yang kita keluarkan maka kita akan mengalami kelebihan berat badan.
Selain jumlahnya, komposisipun harus seimbang seperti karbohidratsebanyak 60-70%, protein sebanyak 10-15%, Lemak sebanyak 20-25%, vitamin dan mineral (A, D, E, K, B, C, dan Ca).
2. Jenis makanan yang kita konsumsi
Jenis makanan yang kita konsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak dan nutrien spesifik.
Karbohidrat komplek bisa kita penuhi dari gandum, beras, terigu, buah dan sayuran. Pilih karbohidrat yang berserat tinggi dan kurangi karbohidrat yang berasal dari gula, sirup dan makanan yang manis-manis. Konsumsi makanan yang manis paling banyak 3-5 sendok makan per hari.
Kebutuhan tubuh akan serat sebanyak lebih dari 25 gram per hari. Untuk memenuhinya diajurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur.
Konsumsi protein harus lengkap antara protein nabati dan hewani. Sumber protein nabati didapat dari kedelai, tempe dan tahu, sedangkan protein hewani berasal dari ikan, daging (sapi, ayam, kerbaukambing).
Tubuh manusia juga membutuhkan lemak, akan tetapi konsumsi lemak yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif, untuk itu dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi lemak.
Sumber vitamin dan mineral terdapat pada vitamin A (hati, susu, wortel, dan sayuran), vitamin D (ikan, susu, dan kuning telur), vitamin E (minyak, kacang-kacangan, dan kedelai), vitamin K (brokoli, bayam dan wortel), vitamin B (gandum, ikan, susu, dan telur), serta kalsium (susu, ikan, dan kedelai).
Jadwal makan harus teratur, lebih baik makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering dan teratur daripada makan dalam porsi banyak tapi tidak teratur.
Sedangkan Direktorat Gizi Masyarakat Republik Indonesia mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang sebagai berikut:
1.      Makanlah aneka ragam makanan
2.      Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
3.      Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
4.      Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
5.      Gunakan garam beryodium
6.      Makanlah makanan sumber zat besi
7.      Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur empat bulan
8.      Biasakan makan pagi
9.      Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
10.  Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
11.  Hindari minum minuman beralkohol
12.  Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
13.  Bacalah label pada makanan yang dikemas.
Salah satu indikator apakah pola makan kita sudah seimbang atau belum yaitu dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk mengetahui berat badan ideal yang bisa anda ukur di sini.
Dengan mengetahui pola makan sehat seperti diatas diharapkan kita bisa selalu menjaga kesehatan tubuh kita.

Langkah-Langkah Hidup Sehat
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah konsumsi makanan, olah raga, istirahat, kualitas udara, lingkungan yang sehat, optimis, dan pribadi yang kuat.
Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, banyak yang belum memperhatikan masalah ini. Bahkan banyak makanan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan sangat diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan. Untuk tips makanan sehat silahkan klik disini.
Olahraga
Olah Raga - Pola Hidup SehatOlahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.
Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.
Menciptakan Udara Yang Bersih
Bagi yang tinggal di kota besar, tinggal di daerah yang terbebas dari polusi hampir tidak mungkin. Walaupun demikian kita harus berusaha meminimalisir hal tersebut, setidaknya tidak menambah buruk kondisi udara. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara seperti menanam tanaman di pot disekeling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.
Menciptakan lingkungan yang sehat
Jika ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan itu adalah termasuk iklim, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan atmosfir. Memelihara lingkungan dengan baik berarti tidak mengotori lingkungan dengan segala macam kotoran seperti membuang sampah sembarangan, asap rokok, sisa bahan bakar industri, asap dari mobil ataupun pembakaran sampah dll.
Optimis
Tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi langkah seorang yang selalu optimis memandang hidup. Hambatan dan kegagalan bukanlah suatu halangan untuk terus maju, akan tetapi dianggap sebagai pelajaran untuk langkah berikutnya. Bahkan optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Ini erat kaitanya dengan sistem imun tubuh. Seorang yang optimis akan memandang hidup seperti alunan nada, naik turun mengikuti irama, selalu cerah dan sangat mudah tertawa. Sikap seperti inilah yang mendukung kesehatan secara menyeluruh.
Pribadi Yang Kuat
Pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua komponen penting berkaitan dengan pengendalian diri. Pertama, pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohol, narkoba, makanan yang mengandung pengawet dll. Kedua tidak berlebihan dalam menjalani pola hidup sehat.

*Ada beberapa tips makanan sehat:
  • Makanan berlemak tinggi sangat beresiko bagi kesehatan, terutama dari mentega, margarine santan dan dari lemak hewan. Labih baik anda mendapatkannya dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Jeroan, otak, kulit ayam dan kuning telur sebaiknya dihindari. Sebaiknya, sebagai sumber protein , anda memilih susu rendah lemak, yogurt, susu kedelai, ikan dan putih telur. Tetapi jika anda menyukai daging pilihlah daging tanpa lemak.
  • Bahan makanan yang megandung pengawet sebaiknya dihindari. Makanan yang mengandung pengawet dlam jangka panjang dapat memicu kanker.
  • Jadikan air putih sebagai minuman favorit. Kondisikan diri anda “anda belum minum jika belum minum air putih”.
  • Jika anda menyukai makanan yang berwarna-warni, gunakan dari bahan makanan; warna merah dari strawberry, warna hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunyit, warna coklat dari bubuk coklat. Jangan berlebihan menambahkan kecap, saus, garam dan penyedap rasa.
  • Buah-buahan dan sayur-syuran harus selalu ada disetiap menu makanan anda.
TEMPO.CO, Jakarta - Dokter Phaidon L Toruan dalam sebuah bincang santai tentang penyakit di abad ke-21 di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan gaya hidup di abad ini mengerikan. Yaitu akan semakin bergantung dengan penyediaan makanan yang serba cepat atau siap saji. Pilihan makan ini disebabkan semakin mudahnya akses konektivitas dan menyebabkan kurangnya aktivitas fisik.

Tetapi, katanya, gaya hidup modern tersebut tidak bisa dihindari. Jeleknya lagi perubahan gaya hidup manusia modern pada abad ini diperparah dengan berkurangnya kualitas lingkungan hidup di tempat tinggal. Phaidon menuturkan tips supaya hidup sehat sebagai berikut:

1. Mengubah pola pikir
Hal yang paling mendasar untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengubah pola pikir supaya hidup mau serius mencanangkan hidup sehat. Setidaknya mesti ketat memiliki komitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat dan praktiknya seperti agama, dengan harus mencari orang atau sosok yang benar-benar mampu sebagai teladan dan mau menyadarkan pentingnya hidup sehat.

2. Membutuhkan kemampuanl
Seperti halnya kecerdasan, kesehatan pun membutuhkan kemampuan supaya bisa serius bisa memiliki tubuh yang sehat, langsing, bugar, bergairah, dan relatif bebas. Kemampuan ini artinya akan menyesuaikan dengan jenis kelamin pria atau wanita, pekerja kantor atau ibu rumah tangga, usia, dan sebagainya. 

3. Mencanangkan komitmen dan motivasi
Untuk menyukseskan gaya hidup sehat harus benar-benar mencari orang atau sosok yang mampu memotivasi dan serius mengajak hidup sehat. Selama prinsip ada teman atau mitra yang sama-sama serius untuk menjalankan pola hidup sehat.

4. Memiliki lingkungan yang sehat
Gaya hidup dbentuk oleh lingkungan. Apabila Anda ingin menukar gaya hidup harus dimulai dari lingkungan. Dengan mengubahnya berarti Anda akan memiliki banyak teman untuk berkomitmen menerapkan hidup sehat.

5. Rajin datang ke seminar kesehatan 
Berada di tempat yang benar, misalnya dengan rajin mengunjungi acara-acara seminar kesehatan atau berlatih dan datanglah ke berbagai klub kebugaran.

6. Membatasi konsumsi makanan 
Tidak selamanya bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Tetapi ada baiknya juga untuk mulai serius dan tegas, misalnya membatasi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak panas tinggi bisa menyebabkan darah menjadi lebih kental dan memperberat kerja jatung di dalam tubuh kita.

7. Mengurangi minuman mengandung gula
Sebaiknya mengurangi minuman yang mengandung gula, sebab gula akan mempercepat efek penuaan, obesitas yang berakibat pada penimbunan lemak di lever. Boleh pakai pemanis alami seperti gula aren ketimbang gula pasir.

8. Tekadkan diri dengan konsumsi makanan sehat
Sebaiknya bersantap sayuran dan buah sebagai menu wajib yang sangat membantu mencegah penyakit

9. Menyertakan suplemen
Sebaiknya menyertakan suplemen sebagai suplemasi tambahan untuk membantu memenuhi nutrisi yang kurang di dalam tubuh.
Beda!!
Jakarta, Anda mungkin merasa telah melakukan kebiasaan sehat setiap hari, seperti memiliki waktu tidur yang cukup, berolahraga, atau mencuci tangan. Tetapi kebiasaan sehat ini tidak akan ada artinya jika Anda melakukan beberapa kesalahan yang mengurangi manfaat sehatnya.

Berikut 5 kebiasaan sehat yang akan kehilangan manfaat sehatnya jika Anda melakukan beberapa kesalahan tertentu, seperti dilansir Self, Rabu (20/3/2013) yakni:

1. Menambah waktu tidur dengan tekan tombol snooze alarm
Menunda waktu bangun dengan menekan tombol snooze pada alarm tidak akan menambah waktu istirahat Anda. Rata-rata alarm akan kembali berbunyi 8 atau 9 menit setelah Anda menekan tombol snooze dan kembali tidur dalam waktu sesingkat itu membuat Anda bangun dalam keadaan lesu dan kurang bersemangat.

Hal ini berkaitan dengan siklus tidur, di mana Anda tidak akan dapat memasuki siklus tidur yang terdalam dalam waktu yang singkat tersebut. Cobalah untuk pergi tidur 30 sampai 60 menit lebih awal sehingga Anda dapat bangun bertepatan dengan waktu alarm berbunyi.

2. Mengeringkan tubuh dengan handuk tetapi jarang mencucinya
Banyak orang jarang mencuci handuk karena berpikir dapat menambah beban cucian. Padahal handuk yang lembab setelah Anda gunakan untuk menyeka sel-sel kulit mati setelah mandi, dapat menjadi tempat tinggal yang ideal bagi bakteri, jamur dan ragi.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi kulit dan mata, sehingga Anda perlu mencucinya seminggu sekali dalam air panas. Handuk juga mengumpulkan sel-sel kulit mati dan minyak dari tubuh setelah mandi, sehingga perlu untuk dicuci.

3. Berolahraga dengan intensitas terlalu tinggi
Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat dan perbaikan otot setelah berolahraga. Hal ini juga penting dalam proses pembangunan kekuatan, sehingga jangan memaksa tubuh untuk berolahraga terlalu keras. 

Selain itu, olahraga terlalu keras dapat meningkatkan risiko keseleo, cedera dan ketegangan pada otot, ligamen dan tendon. Olahraga terlalu keras mungkin dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi juga dapat membuat Anda kehilangan kekuatan.

4. Makan sayuran hijau ditambah mayones
Saus mayones mengandung lemak yang akan membatasi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, seperti lycopene dan beta-karoten. Selain itu, saus mayones juga menyumbangkan kalori dan dapat meningkatkan berat badan.

5. Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri
Secara umum, menjaga tangan agar tetap bersih benar-benar dapat mencegah penyebaran penyakit untuk diri sendiri maupun orang lain. Tetapi, Anda mungkin pernah mendengar bahwa triclosan, bahan kimia anti bakteri yang sering ditemukan dalam sabun berakibat buruk bagi kesehatan.

Pilihlah gel pembersih tangan dan sabun tanpa kandungan triclosan yang lebih aman bagi kesehatan.

8 Kebiasaan Sehat Agar Anda Terlindungi Dari Serangan Kanker
oleh Denny Santoso (Catatan) pada 31 Oktober 2011 pukul 22:34
Kanker termasuk salah satu penyebab kematian utama di dunia, termasuk Indonesia. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan bisa disembuhkan, terutama bila pencegahan dan perawatan dimulai sejak dini. Salah satu penyebab kanker adalah pola hidup yang tidak sehat yang seringkali tidak Anda sadari pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.
Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar timbulnya kanker disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan makan yang tidak seimbang, kebiasaan merokok dan minum alkohol. Cara yang paling efektif untuk mencegah serangan kanker adalah dengan meninggalkan kebiasaan tak sehat dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat.

Berikut kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan untuk mencegah serangan kanker
§  Hentikan Kebiasaan Merokok
Merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru. Di Amerika, kanker paru-paru merupakan penyakit paling mematikan di antara penyakit kanker yang lain. Kanker paru-paru menyebabkan hilangnya 3.000 nyawa per hari di dunia, dan 90 % dari jumlah ini diakibatkan kebiasaan merokok.
Turunkan Berat Badan Anda
Selain tidak baik untuk kesehatan jantung, kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker seperti, kanker payudara, kanker pankreas dan kanker ginjal. Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan sebaik mungkin untuk menguranginya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.
§  Aktif Bergerak
§ 
Segala macam aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda aktif bergerak dapat mengurangi risiko kanker. Olahraga teratur adalah salah satu cara efektif mencegah serangan kanker. Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat menurunkan risiko kanker 30-50%.


§  Konsumsi Makanan Sehat


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjaga pola makan Anda tetap sehat, selain dapat menurunkan berat badan, makanan sehat juga berguna untuk menurunkan risiko kanker, contohnya adalah buah-buahan seperti tomat, semangka dan buah lain yang mengandung lycopene, yang efektif untuk menurunkan risiko kanker prostat.

§  Jauhi Minuman Keras


Jika Anda ingin terbebas dari kanker, hentikan segera kebiasaan minum minuman keras. Alhokol yang terdapat pada minuman keras dapat meningkatkan risiko kanker seperti, kanker mulut, tenggorokan, dan esophagus. Risiko akan meningkat 2 kali lebih besar jika Anda gabungkan konsumsi alkohol dengan kebiasaan merokok.

§  Hindari Stress


Stress memang tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan risiko kanker. Tapi, saat Anda stress, ada kecenderungan untuk melakukan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras, makan berlebihan dan sebagainya. Kebiasaan inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

§  Lakukan Pemeriksaan Medis


Anda bisa memeriksakan kondisi Anda kepada dokter ahli untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena penyakit kanker. Pemeriksaan medis biasanya dilakukan dengan menggunakan metode seperti, pap smear atau colonoscopy. Metode ini dapat membantu mendeteksi perubahan pre kanker yang jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi kanker serviks atau kanker usus besar.

§  Ketahui Riwayat Medis Keluarga Anda


Dengan mengetahui riwayat medis keluarga, Anda dapat mengetahui apakah Anda berisiko penyakit kanker atau tidak. Para ahli mengatakan bahwa, dengan mengetahui riwayat medis keluarga, Anda akan lebih mudah mendeteksi dan mengatasi risiko kanker lebih dini, sehingga Anda dapat terhindar dari serangan kanker yang mematikan.
Turunkan risiko penyakit kanker Anda dengan menerapkan pola hidup sehat, dan mulai menghindari kebiasaan yang tidak sehat. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui perkembangan kesehatan Anda secara rutin, dan untuk deteksi dini jika Anda mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan kanker.
Menerapkan gaya hidup sehat di pagi hari bisa berdampak positif bagi tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan-kebiasaan sehat yang anda lakukan setiap pagi secara tidak langsung akan memberikan energi positif bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Sarapan pagi adalah salah satu kebiasaan sehat yang harus anda terapkan. Sebaliknya, bangun tidur kesiangan adalah kebiasaan tidak sehat yang harus segera anda tinggalkan. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan sehat yang sebaiknya kita terapkan? Berikut ulasannya..

7 Kebiasaan sehat di pagi hari

1. Bangun lebih awal
Bangun tidur lebih awal dari orang kebanyakan merupakan kebiasaan sehat yang sebaiknya anda terapkan. Dengan bangun tidur lebih awal, anda bisa memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau sarapan tanpa harus tergesa-gesa. Jika anda bangun tidur 15 menit sebelum memulai aktivitas seperti kerja, kuliah ataupun sekolah, maka anda telah kehilangan banyak manfaat positif yang seharusnya bisa anda peroleh.
2. Minum air putih
Orang dewasa rata-rata tidur selama 6 hingga 8 jam per malam. Selama kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Minum air putih harus menjadi salah satu prioritas utama yang sebaiknya anda lakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Minum air putih bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh.
3. Minum air lemon hangat dan madu
Sebagian orang sering merasakan ketidaknyamanan pada bagian perut di pagi hari. Untuk mengatasinya, minumlah air lemon hangat yang dicampur madu. Minuman tersebut bisa menjadi obat sembelit dan menjaga kesehatan usus anda.
4. Olahraga
Manfaatkan waktu di pagi hari untuk jogging, bersepeda atau olahraga ringan lainnya. Berolahraga di pagi hari akan menjaga tubuh anda tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.
5. Mandi
Mandi di pagi hari sesaat setelah bangun tidur dinilai sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda mandi dengan air dingin, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat membangunkan syaraf-syaraf di tubuh dan memperlancar aliran darah.
6. Minum jus
Jangan memulai hari dengan minuman berkafein seperti teh atau kopi. Minuman berkafein memang merangsang otak, namun tidak berdampak signifikan bagi tubuh anda. Sebagai gantinya, minumlah jus jeruk.
7. Sarapan pagi
Sarapan pagi akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan membantu meningkatkan memori otak anda. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas anda sepanjang hari. Oleh sebab itu jangan pernah sekali-kali melewatkan sarapan pagi. Namun demikian, anda tetap dianjurkan untuk memilih makanan-makanan yang sehat seperti makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks.


SWAISO
Swaiso sangat simpel dan mudah dipraktekkan tapi kalau dilakukan secara rutin, insya Allah, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Menurut Prof. Hembing yang menulis buku berjudul ‘olahragamengayunkan tangan’ dengan hanya mengayun-ayun tangan sebanyak 200 kali itu sudah setara jalan kaki, medium exercise. Enaknya lagi kagak usah takut hujan, atau keserempet mobil. Olahraga ini berasal dari Shanghai.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. berdiri tegak, kaki membentang selebar bahu, pandangan lurus ke depan
2. jari kaki mencengkeram. katanya ini untuk menekan telapak kaki sehingga menekan titik-titik akupuntur
3. pakai nafas perut lebih baik, yaitu tarik nafas sambil kembungkan perut, dan buang nafas sambil kempiskan perut
4. tangan lurus, telapak menghadap ke belakang
5. lalu ayunkan tangan bersama-sama ke depan dan ke belakang. Satu ayunan dihitung mulai dari depan -ke belakang – ke depan lagi.
6. lakukan sebanyak 200 kali (kira-kira 5 menit)
7. selesai



You are here: Home / Olah Raga / Manfaat Olahraga Ringan di Pagi Hari
Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru. klik di sini untuk informasi lebih lengkap.  
Sep 24, 2012

Manfaat Olahraga Ringan di Pagi Hari


Olahraga Ringan Di Pagi Hari, meski terkesan remeh namun memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan dan stamina. Berolahraga di pagi hari adalah suatu hal yang harus kita lakukan sebelum bergelut dengan sejuta pekerjaan pada siang harinya. Menurut beberapa ahli kesehatan, berolahraga ringan pada pagi hari memberikan energy ekstra kepada tubuh sehingga stamina terjaga dengan baik yang akibatnya akan memberikan pengaruh positif pada kegiatan di siang hari. Olahraga yang dipilih untuk dilakukan di pagi hari lazimnya adalah olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga, contohnya saja berjalan. Kegiatan ini, meski murah dan mudah namun sudah cukup untuk membangkitkan energy dan semangat anda sebelum berkegiatan seharian.

Olahraga Ringan Di Pagi Hari Sebelum Sarapan Lebih Efektif

Sayangnya, banyak orang berpendapat bahwa mereka tidak punya banyak waktu untuk berkegiatan di pagi hari. Padahal, pagi hari di saat udara masih segar dan belum tercemar begitu banyak polusi adalah saat yang paling baik untuk berolahraga. Namun, ada satu hal yang perlu diingat apabila Anda ingin melakukan olahraga ringan di pagi hari, yakni melakukannya sebelum sarapan. Hal ini didukung oleh penelitian para ahli yang menemukan bahwa berolahraga ringan sebelum sarapan akan memaksimalkan manfaat yang diberikan. Hal ini juga dianjurkan pula bagi mereka yang sedang melakukan diet atau dalam prosesmenurunkan berat badan.

Manfaat Olahraga Ringan Di Pagi Hari Bagi Tubuh

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan berolahraga ringan di pagi hari. Menurut para ahli dan berbagai sumber, manfaat yang diberikan meliputi:
1. Membantu menjaga metabolisme tubuh.
Olahraga memompa metabolisme tubuh dan secara konstan memberikan asupan energy yang menunjang aktifitas sepanjang hari. Otot-otot yang aktif bekerja di pagi hari akan memberikan cadangan energy kepada tubuh.
2. Membantu Menjaga Konsentrasi.
Saat berolahraga, otot–otot dan syaraf akan aktif bekerja. Dengan berolahraga, konsentrasi akan selalu terjaga.
3. Membakar kalori lebih banyak.
Setiap kita berolahraga, ada kalori yang dibakar di dalam tubuh. Pada pagi hari, kalori yang dibakar lebih banyak.
4. Memberikan tidur yang lebih berkualitas di malam hari.
Olahraga pada pagi hari membantu menjaga produksi hormon yang disebut thyroid sekaligus menjaga kestabilan jam biologis. Apabila ritme dari jam biologis tersebut terjaga baik, ritme kinerja tubuh pun akan mendapatkan hal serupa. Apabila olahraga ringan di pagi hari menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan, maka tubuh akan dengan otomatis meminta untuk bangun pagi dan meminta untuk kapan harus tidur.

Komentar

  1. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/pulihkan-energi-saat-gowes-dengan-susu-coklat/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subject, Verb, Complement & Modifier

Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis

elemen-elemen koperasi